• Latest Stories

      What is new?

Mengutamakan Hak-Hak Dasar Rakyat: Panduan Gerakan Pesantren Mengawal Kebijakan Anggaran Daerah

Islam menetapkan konsep anggaran sebagai konsep yang sangat strategis. Karenanya Islam tidak akan melupakan hal yang sangat strategis ini. Apalagi mengenai hal yang berkaitan erat dengan keadilan, pasti al-Qur'an akan angkat bicara. Kalau selama ini umat Islam belum ada yang bicara, mungkin karena mereka belum banyak yang peduli. Bahkan harus dikatakan "belum peduli" sekiranya perhatian utama masyarakat masih tertuju pad sosok tokoh, dan bukannya soal apakah kebijakan pemerintahannya lebih memihak rakyat atau tidak. 
Dalam hukum Islam terdapat kaidah fiqh yang sangat tegas, yakni "tasarraful imam 'ala ar-ra'iyyah manuthun bil maslahah (seluruh kebijakan pemimpin terhadap rakyat haruslah mengacu pada kemaslahatan mereka). Karena itu, sudah saatnya masalah kebijakan strategis dalam penyelenggaraan sebuah pemerintahan menjadi perhatian utama umat Islam. Dan kebijakan yang paling strategis dalam hal ini adalah kebijakan anggaran.


Judul : Mengutamakan Hak-Hak Dasar Rakyat: Panduan Gerakan Pesantren Mengawal Kebijakan Anggaran Daerah
Penulis : Suraji Sukamzawi, dkk.
Penerbit : Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M)
Tahun : Cetakan I, Maret, 2007
Tebal : x+112 halaman

About Maxhavellar

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Top