• Latest Stories

      What is new?

Manajemen Organisasi Nirlaba

Sejak tahun 1985, lima Lembaga Pengembangan Swadaya Masyarakat (LPSM) di Indonesia; Walhi (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia), P3M (Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat), Bina Swadaya, YIS (Yayayasan Indonesia Sejahtera) dan PKBI (Perkumbulan Keluarga Berencana Indonesia), yang tergabung dalam SEPMA (Sekretariat Pengembangan Manajemen) menjalin kerjasama dengan MIM (The Manitoba Institute of Managemen Inc) Canada untuk pengembangan manajemen organisasi nirlaba di Indonesia dalam paket program studi penjajagan, workshop, pengadaan dan modifikasi serta pelatihan dan asistensi. Sampai akhir 1989, kerjasama tersebut menghasilkan 66 pelatih pengembangan manajemen organisasi nirlaba, dari 35 LPSM/LSM (Lembaga Pengembangan Swadaya Masyarakat/Lembaga Swadaya Mayarakat) di seluruh Indonesia. Pada gilirannya para pelatih berhasil melatih 250 manajer tingkat menengah dari 73 LPSM/LSM. Sementara itu, masing-masing lembaga yang bekerjasama, baik dengan program khusus, regional, maupun program yang dibiayai sendiri sudah melatih manajer LSM, termasuk organisasi massa dan sosial jaringannya dalam jumlah yang lebih besar.
Buku Manajemen Organisasi Nirlaba ini naskah aslinya disusun oleh MIM, berdasarkan penelitiannya di beberapa LPSM/LSM di Indonesia. Sebelum diterapkan buku tersebut sudah diujicobakan pada beberapa LPSM/LSM secara terbatas. Setelah mengalami berbagai penyesuaian,  modifikasi dan adaptasi, disepakati untuk dimanfaatkan secara lebih luas sebagai bahan rujukan dan panduan pelatihan untuk menerapkan manajemen yang khas bagi organisasi nirlaba, seperti LPSM, LSM, lembaga sosial atau lembaga pendidikan yang lain. []

Judul : Manajemen Organisasi Nirlaba
Penulis : Tim Penulis MIM (The Manitoba Institute of Managemen Inc)

Penerbit : Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M)
Tahun : Cetakan I, Desember 1988
Tebal : xiv+254 halaman

About Maxhavellar

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

2 komentar:

  1. Halo min,
    Saya Jamil, mahasiswa Manajemen Unand. Bagaimana cara dapatkan buku ini ya? Dan berapa harga perbukunya? Soalnya saya butuh untuk referensi penelitian saya. :)
    Wassalam
    Jamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih... Silahkan datang ke kantor kami di Jalan Cililitan kecil III/12, Kramatjati, Jakarta Timur.

      Hapus


Top